.
Minggu, 19 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA TEMA “KACAMATA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PETARUKAN

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

Henderik Vega Nugraha1, Previani Mustikartini2

1SMK N 1 Petarukan

2SMP N 1 Petarukan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan STM yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA ditinjau dari penguasaan konsep (ranah kognitif), keterampilan psikomotorik (ranah psikomotor), dan juga minat siswa terhadap mata pelajaran IPA (ranah afektif). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada tema “kacamata”.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP N 1 Petarukan dengan jumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan alur penelitian tiap siklus berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah RPP, LKS, tes kognitif berupa pretest dan posttest, lembar observasi keterampilan psikomotorik dan kuesioner minat siswa. peneliti juga menggunakan data pendukung seperti lembar observasi kegiatan belajar siswa dan guru serta jurnal harian. Pembelajaran dilakukan dengan memvariasi penggunaan metode eksperimen, demonstrasi, diskusi (tanya-jawab) dalam penyampaian materi selama pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk kemudian digunakan sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat setelah diberi tindakan. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah-langkah/ sintaks dari pembelajaran dengan pendekatan STM memberikan peluang terjadinya kegiatan praktikum dan diskusi pada siswa agar siswa dapat menemukan sendiri konsep materi yang disampaikan serta menemukan langsung pengalaman belajarnya sendiri berdasarkan bimbingan dari guru. Berdasarkan hasil evaluasi, nilai rata-rata tertinggi terjadi pada siklus II, yaitu nilai 83,51 untuk jawaban LKS; nilai 8,01 untuk hasil posttest; skor 62,03 untuk keterampilan psikomotorik (sangat baik); dan skor 85,67 untuk minat (sangat tinggi).

Kata kunci: IPA terpadu, pendekatan STM, hasil belajar

Abstract

This research aims to determine how integrated science learning by the STM approaches are able to improve science learning output, in terms of mastery of concepts (cognitive aspect), psychomotor skills (psychomotor aspect), and also students’ interest in science subjects (affective aspect). This research aims to determine the increase in science learning output as well, especially on the theme “glasses”.

The research was a class action research (Classroom Action Research), and research subject was the students of class VIII A of SMP N 1 Petarukan, with a total of 32 students. The research was conducted for 2 cycles, with the research flow cycle consist of: planning, action, observation, and reflection for each cycle. The instruments used were learning plans, worksheets, cognitive tests (pretest and posttest), observation sheets of psychomotor skills and student interest questionnaires. Researcher also used supporting data such as observation sheets of student and teacher learning activities and daily journals. Learning is conducted by varying the use of experimental methods, demonstrations, discussions (questions and answers), in the delivery of material during learning. The data obtained was then analyzed descriptive-qualitatively, to be used as a measure of learning success.

The results of research show that student learning output, can be increased after being given action. It is caused by the learning activities carrying out by the steps/syntax of learning with the STM approach, provide opportunities for practicum and discussion activities for students, so that students can discover for themselves the concepts of the material being presented, and find their own learning experiences directly, based on guidance from the teacher. Based on the results of the evaluation, the highest average score occurred in cycle II, which was 83.51 for the worksheets answers; score 8.01 for posttest results; score 62.03 for psychomotor skills (very good); and a score of 85.67 for interest (very high).

Keywords: integrated science, STM approach, learning outputs

Download Link Jurnal

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar