Limif Rokhah
SMK Negeri 1 Petarukan
Kelas virtual adalah kelas E-Learning yang memfasilitasi antar pengguna untuk berkomunikasi, melihat presentasi atau video, berinteraksi dengan peserta lain, baik secara individu maupun berkelompok. Salah satu apikasi yang digunakan adalah adalah Microsoft Teams. Microsoft Teams sebagai salah satu platform pembelajaran yang memungkinkan guru dan siswa untuk berkolaorasi dan berinteraksi selama pembelajaran secara daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Negeri 1 Petarukan serta faktor penghambat dan faktor pendukung efektivitas penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran e-learning di SMK Negeri 1 Petarukan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, 5 guru, dan 10 peserta didik SMK Negeri 1 Petarukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis efektivitas penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK SMK Negeri 1 Petarukan dapat ditinjau dari tingkat kemenarikan media, tingkat kesenangan peserta didik pada media, tingkat kemudahan memahami materi dan pokok bahasan pada media, penerapan, pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran dan penilaian melalui Microsoft Teams, dan kesiapan guru dalam mengelola dan mengoperasikan Microsoft Teams. Faktor-faktor penghambat efektivitas penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Negeri 1 Petarukan yaitu jaringan yang kurang stabil, peserta didik tidak memiliki paket data, dan kesiapan guru dalam mengelola Microsoft Teamspada saat pembelajaran. Solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi yaitu peserta didik yang terkendala jaringan bisa berpindah tempat untuk mendapatkan sinyal yang kuat atau bisa datang ke sekolah untuk mengakses wifi bagi peserta didik yang rumahnya dekat dengan sekolah, pihak sekolah memberikan bantuan berupa paket data kepada peserta didik, pihak sekolah memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada guru terkait pengoperasian dan pengelolaan Microsoft Teams.
Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Media Pembelajaran, Microsoft Teams.
Virtual classes are E-Learning classes that facilitate users to communicate, view presentations or videos, interact with other participants, both individually and in groups. One application that is used is Microsoft Teams. Microsoft Teams as a learning platform that allows teachers and students to collaborate and interact during online learning. These research purpose are; describe the effectiveness of using Microsoft Teams as a distance learning medium at SMK Negeri 1 Petarukan, and reveals the support and the obstacle’s factors the effectiveness of using Microsoft Teams as a distance learning medium at SMK Negeri 1 Petarukan. The qualitative method with an case studies is used for this research. These research participants are; the headmaster, two teachers, and six students of SMK Negeri 1 Petarukan. Interview, observation, and documentation are used for collecting the data. Techniques of data analyzing are; data condensation, data presentation, and concluding. Based on the result of the effectiveness of using Microsoft Teams as a distance learning medium at SMK Negeri 1 Petarukan it is reviewed by the level of media interest, the level of enjoyment of students in the media, the level of ease of understanding the material and subject matter in the media, the application of Microsoft Teams, collaborative learning. Learning and assessment through Microsoft Teams, and the readiness of teacher to manage and operate Microsoft Teams. The inhibiting factors for the effectiveness of using Microsoft Teams as a distance learning medium at SMK Negeri 1 Petarukan are; an unstable network, students dont have data packets for, and the readiness of teachers to manage Microsoft Teams at the time of learning. The solution to overcome the obstacles that occur are the students who are constrained by the network can move places to get a strong signal or can also come to school to access wifi for students whose homes are close to the school, the school provides assistance in the form of data packages to students, parties the school provides socialization and training to teachers regarding the operation and management of Microsoft Teams.
Keyword : Effectiveness, Distance Learning, Learning Media, Microsoft Teams.
Beri Komentar