.
Jumat, 24 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

Efektivitas Penggunaan Google Forms dalam Menilai Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

Penulis: Rizky Istika Dewi Septiana, S.Pd

Pembelajaran jarak jauh telah menjadi norma baru dalam dunia pendidikan sejak dimulainya pandemi COVID-19. Guru dan peserta didik harus beralih ke metode pembelajaran online untuk melanjutkan proses pendidikan. Dalam konteks ini, Google Forms telah menjadi salah satu alat yang populer digunakan oleh guru untuk menilai hasil belajar peserta didik. Artikel ini akan membahas tentang efektivitas penggunaan Google Forms dalam menilai hasil peserta didik pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Sebagai solusi praktis dan mudah digunakan, Google Forms telah digunakan secara luas oleh banyak sekolah dan guru di seluruh dunia, termasuk di SMK Negeri 1 Petarukan. Platform ini memungkinkan guru untuk membuat kuis, survei, atau tugas yang dapat diakses secara online oleh peserta didik. Selain itu, Google Forms juga menyediakan fitur pengolahan data yang memudahkan guru dalam menganalisis dan memahami kemajuan belajar peserta didik.

Kelebihan Penggunaan Google Forms

  1. Kemudahan Penggunaan

Google Forms memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, sehingga memudahkan guru dalam membuat dan mengedit pertanyaan. Guru dapat dengan cepat mengatur kuis atau tugas yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.

2. Aksesibilitas

Google Forms dapat diakses secara online, sehingga peserta didik dapat mengisi formulir kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.

3. Diversifikasi Pertanyaan

Guru dapat menggunakan berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, isian singkat, atau tugas berbasis proyek. Hal ini memungkinkan guru untuk mengevaluasi berbagai aspek dari hasil belajar peserta didik.

4. Otomatisasi dan Pengolahan Data

Setelah peserta didik mengisi formulir, Google Forms secara otomatis mengumpulkan dan menyimpan jawaban mereka. Guru dapat dengan mudah melihat dan menganalisis hasilnya menggunakan fitur pengolahan data yang disediakan oleh Google Forms.

Tantangan dan Solusi:

Meskipun Google Forms memiliki banyak kelebihan, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk memastikan efektivitas penggunaannya dalam menilai hasil belajar peserta didik. Beberapa tantangan tersebut antara lain:

  1. Kesalahan Jawaban

Peserta diddik mungkin memberikan jawaban yang tidak akurat atau tidak sepenuhnya mencerminkan pemahaman mereka. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat menyertakan penjelasan atau sumber daya tambahan dalam formulir untuk membantu siswa dalam menjawab pertanyaan dengan benar.

2. Kecurangan

Dalam lingkup pembelajaran jarak jauh, ada potensi peserta didik melakukan kecurangan dengan mencari jawaban online atau bekerja sama dengan peserta didik lain. Guru dapat mengatasi masalah ini dengan mengubah format pertanyaan, menambahkan pertanyaan yang memerlukan pemikiran kritis atau analisis, atau menggunakan timer untuk membatasi waktu menjawab.

3. Keterbatasan Interaksi

Pembelajaran jarak jauh mengurangi interaksi langsung antara guru dan peserta didik. Untuk mengatasi keterbatasan ini, guru dapat memanfaatkan fitur komentar atau umpan balik personal setelah peserta didik mengisi formulir. Guru juga dapat mengadakan sesi tutorial daring untuk menjawab pertanyaan peserta didik atau memberikan penjelasan tambahan.

Google Forms merupakan alat yang efektif untuk menilai hasil belajar peserta didik pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Kelebihannya yang meliputi kemudahan penggunaan, aksesibilitas, diversifikasi pertanyaan, dan kemampuan otomatisasi dan pengolahan data memungkinkan guru untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan belajar peserta didik secara efisien. Meskipun ada beberapa tantangan, guru dapat mengatasi hal tersebut dengan strategi dan solusi yang tepat. Dengan demikian, penggunaan Google Forms dapat menjadi alat yang efektif dalam menilai hasil belajar peserta didik dan memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar