.
Minggu, 22 Des 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPA TERAPAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

Henderik Vega Nugraha

SMK Negeri 1 Petarukan

Abstrak

Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di Indonesia berubah secara total. Adanya kebijakan untuk selalu jaga jarak dan menghindari kontak langsung antara guru dan siswa membuat guru menjadi lebih kreatif dalam menggunakan aplikasi software kelas virtual. Microsoft Teams sebagai salah satu platform pembelajaran yang memungkinkan guru dan siswa untuk berkolaborasi dan berinteraksi selama pembelajaran secara daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Microsoft Teams sebagai platform pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Petarukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang dianalisis dalam bentuk statistik. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft Teams terdiri dari tiga indikator yaitu kemudahan akses Microsoft Teams yang menghasilkan nilai persentase 80%, pemahaman materi pembelajaran menggunakan Microsoft Team memberikan skor nilai persentase 83% dan keunggulan saat menggunakan Microsoft Teams, hasil nilai yang disajikan adalah 78%. Dari ketiga indikator tersebut memiliki persentase total rata-rata 80.33% yang dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA Terapan. Untuk efektivitas penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran adalah tepat untuk tujuan tersebut dan Microsoft Teams secara signifikan mempengaruhi hasil pembelajaran siswa kelas X TB 1 di SMK Negeri 1 Petarukan pada tahun akademik 2020/2021.

Kata Kunci: efektifitas, pembelajaran daring, pandemic, IPA Terapan

Abstract

The Covid-19 pandemic made learning in Indonesia totally changed. The policy to always keep distance and avoid direct contact between teachers and students makes teachers become more creative in using virtual classroom software applications. Microsoft Teams as a learning platform that allows teachers and students to collaborate and interact during online learning. This study aims to determine the effectiveness of implementing Microsoft Teams as a learning platform during the Covid-19 pandemic at SMK Negeri 1 Petarukan. The method used in this research was quantitative which was analyzed in statistical form. Based on the data obtained, it showed that the use of Microsoft Teams consists of three indicators, namely the ease of access to Microsoft Teams which results in a presentation value of 80, understanding of learning material using Microsoft Teams gives a presentation score of 83 and excellence when using Microsoft Teams. The result of the value presented was 78. Of the three indicators, the average total percentage is 80.33% which is said to be effectively used in Applied Science. For the effectiveness of using Microsoft Teams in learning, it is appropriate for this purpose and Microsoft Teams significantly affects the learning outcomes of grade X TB1 students at SMK Negeri 1 Petarukan in                              the 2020/2021 academic year.

Keywords: efectiveness, online learning, pandemic, applied science

download link jurnal

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar