.
Jumat, 19 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

LK 3. 1 Menyusun Best Prectise Menyusun cerita Praktik Baik (Best Prectise ) Mengguakan metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak )

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

TUGAS PPG DALAM JABATAN KATEGORI 1 GELOMBANG 2  

SDB KELAS 001 KELOMPOK 2

UNIVERSITAS NEGERI MANADO

TAHUN 2022

NAMA                         : IDHA FARADIKA PUSPITASARI

NO. UKG                     : 201503155533

ASAL INSTASI            : SMK NEGERI 1 PETARUKAN

LK 3. 1 Menyusun Best Prectise Menyusun cerita Praktik Baik (Best Prectise ) Mengguakan metode Star(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak )

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam pembelajaran

LokasiJalan Raya Petarukan – Pegundan KM.3 Pemalang Kode pos 52362
Lingkup PendidikanSMK NEGERI 1 PETARUKAN
Tujuan yang ingin dicapaiAksi 1  Meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Tari Aksi 2 Penerpan Projek Based Learning untuk meningkatan motivasi belajar peserta didikdalam meningkatkan rasa percaya diri dengan media pembelaran yang inovatif
PenulisIdha Faradika Puspitasari
TanggalAksi 1 : 13 Desember 2022Aksi 2 : 6 Januari 2023
Situasi : Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.Aksi 1 : Kondisi yang menjadi latar belakang masalah : Peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran seni tari Peserta didik tidak focus memperhatikan guru saat menjelaskan materi Sebagian besar peserta didik laki-laki karena sekolah Kejuruan Teknik sehingga kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran seni tari dengan sungguh-sungguhPeserta didik belum bisa aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guruMengapa praktik ini penting untuk dibagikan Berdasarkan Kondisi tersebut disebabkan oleg guru yang masih menggunakan metode ceramah pada saat  mengajar, sarana prasana yang kurang memadai, dan media pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga cenderung membosankan Peran dan tanggung jawab guru Guru menyiapkan perangkat pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran Guru menyiapkan media pembelajaran yang menarik / inovatif sehingga menarik bagi peserta didik Guru membimbing dalam proses pembelajaran sehigga peserta didik bisa aktif dan interaktif  Aksi 2 : Kondisi yang menjadi latar belakang masalah : Kurangnya Rasa percaya diri peserta didik khusunya laki-laki bagi mereka seni budaya dainggap pelajaran yang kurang penting apalagi dengan materi seni tariPada saat guru memberikan tugas Pratik tari peserta didik cenderung bermalas-malasan Peserta didik lebih tertarik membuat karya yang sedang trend  Peserta didik yang tidak meiliki bakat menari merasa susah dalam merangkai gerak tari kreasi Kondisi tersebut disebabkan Mengapa praktik peting untuk dibagikan Berdasarkan latar belakang masalah peserta didik praktik perlu ini peru dibagikan agar peserta didik dalam menuangkan kreativitasnya sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada. Selain itu, memberikan manfaat bagi para guru lain dalam memilih dan menerapkan metode, Teknik, media serta model pembelajaran yang sesuai dan cocok digunakan utuk lebih meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Peran dan tanggung jawab guru Guru menyiapkan perangkat pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran Guru menyiapkan media, alat dan bahan pembelajaran yang inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan Guru membimbing peserta didik sehingga menciptakan kelas yang aktif dan inetraktif
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibatSetelah dilakukan identifikasi dengan refleksi diri, wawancara waka kurukulum dan teman sejawat maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu: Aksi 1 : Kurangnya tersedianya sarana dan prasarana yang ada diruang kelasKurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua kepada peserta didik, terlebih kesibukan orang tua yang bekerja sebagai petani dan nelayan Kurangnya literasi peserta didik dalam proses pembelajaran Aksi 2 : Kurang tersedianya sarana dan prasarana Kurangnya dukungan dan dorongan belajar dari orang tua  kepada peserta didik, Adapun komentar orang tua “kepada anak saya diajari menari” pada saat mengetahui putranya belajar menari kurangnya minat dan semangat siswa, sehingga masih banyak peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran yang terlibat yaitu : Peserta didik Guru Rekan sejawat
Aksi : Langkah – Langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut / strategi apa yang digunakan / bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi iniLangkah – Langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah sebagai berikut : Aksi 1 : Guru menyiapkan proyektor,laptop, pengeras suara dan handphone sebagai media TPACK di dalam kelas Guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat seperti pembelajaran interaktif dan model pembelajaran PBL Guru berusaha lebih bermotivasi, membimbing dan mengarahkan siswa, untuk lebih aktif dan guru juga menerapkan media pembelajaranyang menarik dan bervariasi, agar siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas.   Strategi yang digunakan : Guru menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) dengan media canva dan strategi team Quiz untuk pembelajaran interaktif Sintak model pembelajaran PBL yaitu : Kegiatan Pendahuluan Kegaitan inti terdiri dari ( orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik kedalam pembelajaran, membimbing penyelidikan peserta didik secara kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil)Kegiatan Penutup Prosesnya yaitu : Guru merancang perangkat pembelajaran untuk materi makna dan symbol tari tradisi tari dolalak, yang terdiri juga modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan instrument penilaian Berkoordinasi dengan dosen, guru pamong, kepala sekolah dan rekan sejawat untuk rencana aksi 1  Mempersiapkan alat serta media untuk mengajar, ruang kelas, dan peserta didik sebelum kegiatan aksi 1 mulaiMelaksanakan kegaitan aksi 1 mulai dari kegaiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sampai dengan merekam kegiatan penbelajaran aksi 1 dalam sebuah video Mengedit rekaman pembelajaran aksi 1 dan menunggah video ke google drive / youtubeMelakukan kegaitan refleksi dari kegaiatan aksi 1   Yang terlibat yaitu : Peserta didik Guru Rekan sejawat   Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu :  Menggunakan alat dan bahan seperti proyektor, laptop, dan Handphone   Aksi 2 : Guru menyipakan media, alat dan bahan seperti proyektor, pengeras suara, handphone dan laptop di dalam kelas Guru mengguanakan metode pembelajaran yang tepat seperti metode demostrasi dan model pembelajaran PJBL Guru berusaha lebih memotivasi, membimbing dan mengarahkan siswa, untuk lebih aktif dan guru juga menerapkan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi, agar siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari riferensi media sosial seperti youtube dan tik-tok untuk menstimulus mengerjakan tugas merangkai dan menciptakan tari kreasi   Strategi yang digunakan : Guru menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan media aplikasi youtube dan strategi pembelajaran interaktif Sintak model pjbl : Kegiatan pendahuluan Kegiatan inti terdiri dari : Fase 1 ( menyiapakan pertanyaan atau penugasan proyek )Fase 2 ( mendisain perancanaan proyek )Fase 3 ( Menyusun jadwal sebagai Langkah nyata dari sebuah proyek Fase 4 ( monitoring kegaiatan perkembangan proyek )Fase 5 ( menguji hasil )Fase 6 ( mengevaluasi kegaitan / pengalaman) Kegaiatan penutup   Prosesnya yaitu : Guru merancang perangkat pembelajaran untuk materi merangkai dan menciptakan tari kreasi terdiri juga modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD dan instrument peneilaian Bekoordinasi dosen dan guru pamong dan rekan sejawat untuk aksi 2 Mempersiapakan alat serta media untuk mengajar, ruang kelas, dan peserta didik sebelum kegaiatan aksi 2 dimulaiMelaksanakan kegiatan aksi 2 mulai dari kegiatan pendahuluan sampai dengan penutup dan merekam kegaiatan pembelajaran aksi 2 dalam sebuah video Mengedit rekaman video pembelajaran aksi 2 dan menggunggah ke google drive dan youtube Melakukan kegiatan refleksi dari kegaiatan aksi 2   Yang terlibat yaitu :Peserta didik Guru Rekan sejawat   Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu : Menggunakan alat dan bahan seperti proyektor, pengeras suara, dan Handphone
Refleksi Haasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi 2 dari langkah – Langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif ? atau tidak efektif ? mengapa ? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, apa yang menjadi factor keberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut   Dampak dari pelaksanaan aksi 1 : Motivasi belajar peserta didik meningkat Keberhasilan belajar peserta didik meningkat Peserta didik berani mempresentasikan hasil diskusi depan kelas dengan baik dan benar Pembelajaran berpusat pada peserta didik dapat terlaksana   Dampak dari pelaksana aksi 2 : Pembelajaran lebih menyenangkan, aktif, dan bermakna untuk peserta didik Peserta didik merasa tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaranPeserta didik semakin tertantang dan kreatif dalam belajar merangakai dan menciptakan tari kreasiPeserta didik lebih percaya diri dalam proses menyajikan hasil merangkai dan menciptakan tari kreasi   Hasil efektif : Motivasi belajar peserta didik meningkat, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta didik dala mengikuti pembelajaran seni budaya khusunya materi tari kreasi   respon orang lain : Mendukung pembelajaran berpusat pada peserta didik yang memfasilitasi untuk dapat membangun pengetahuan sendiri  Mendukung proses pembelajaran yang inovatif, menarik, serta penggunaan teknologi didalamnyaMendukung pembuatan media pembelajaran yang menarik seperti menggunakan media canva dan pengguanaan TPACK sesuai dengan minat peserta didik   Factor pendukung keberhasilan : Persiapkan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan dengan secara baik. Baik materi maupun scenario pembelajaran Dukungan dari semua pihak yang terkait mulai dari sekolah, melaui kebijakan dan juga jadwal pelajaran yang mendukung kegiatan ini, dosen, guru pamong dan rekan sejawat yang telah membantu jalan scenario pembelaran ini  Keseriusan pendidik dalam menerapkan pembelajaran sesuai yang telah direncanakan Peserta didik yang konsisten dan mempunyai komitmen untuk terus belajar   Pembelajaran penting apa (Lesson Learned) yang didapatkan dalam proseskegiatan yang sudah dilakukan : Pembelajaran yang saya dapatkan baik dari aksi 1 dan 2 adalah : Untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran guru harus mengajar dengan baik, untuk harus dilakukan agar guru dapat mengajar dengan baik yakni guru perlu menganalisis permasalahn yang dialami siswa, menganalisis solusinya, membuat perencanaan dengan baik dan matang serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangakat pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya Langkah – Langkah PBL mampu membuat peserta didik belajar aktif serta membuat peserta didik belajar secara aktif serta membuat peserta didik memiliki sifat optimis, komitmen dan berinisiatif tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan peserta didik dlam mempresentasikan hasil diskusinya dan peserta didik dapat menguasai materi yang akan dipresentasikan. Melalui PBL peserta didik dituntut belajar secra kolaboratif, dituntut untuk mencari solusi dalam memcahkan masalah melaui berbagai referensi pengkomunikasian hasil diskusi membuat peserta didik tidak segan untuk bertanya maupun menjawab. Guru meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan dan menyampaikan materi serta dalam mengelola kelas dengan menerapkan pembelajaran yang inovatif  dengan model PJBL sehingga proses dan hasil pembelajaran dapat terus meningkat. Menerapan model PJBL pada pelajaran sseni budaya dapat memberikan variasi yang lebih menarik dan meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik untuk memahami materi yang disajikan.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar