.
Jumat, 24 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

PENGGUNAAN MODEL LEARNING START WITH A QUESTION DAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

Restu Yuliawati

SMK Negeri 1 Petarukan

ABSTRAK

Penelitian ini mengunakan model LSQ dan SRL. Permasalahan yang dikaji apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model LSQ dengan siswa yang belajar menggunakan model SRL pada pokok materi larutan asam basa dan manakah hasil belajar yang lebih baik dari keduanya. Populasi adalah siswa kelas X Teknik Pemeliharaan Mesin Industri (TPMI) semester 2 yang berjumlah 243  siswa. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel kelas X TPMI 1 yang berjumlah 41 siswa (kelompok eksperimen 1) yang belajar menggunakan model LSQ dan kelas X TPMI 2  yang berjumlah 42 siswa (kelompok eksperimen 2) yang belajar menggunakan model SRL. Hasil uji t pada uji dua pihak nilai post test diperoleh thitung = 4,144 dan untuk α = 5% dan dk= (41+42-2)= 81 diperoleh

t(0,975)(81)= 1,994. Karena thitung ³ t(0,975)(81) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2. Pada uji t satu

pihak diperoleh thitung = 4,144 dan untuk α = 5% dan dk= (41+42-2)= 81 diperoleh t(0,95)(81)= 1,665. Karena thitung t(0,95)(81) maka H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang belajar menggunakan model LSQ lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan model SRL.

Kata Kunci: Learning Start With a Question, Self Regulate

Lihat jurnal lengkap di sini

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar