.
Jumat, 24 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

MENGENAL ROBLOX DAN MANFAATNYA BAGI ANAK

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

Penulis : Anis Pratiwi, S.Pd.

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga

ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau

dengan tujuan refreshing. Suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa

interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi – strategi yang rasional.

Roblox merupakan game online gratis yang memungkinkan penggunanya untuk mendesain permainan mereka sendiri dan memainkan kreasi dari pemain lainnya. Permainan roblox menjadi fenomena sendiri untuk game mobile, sebab tak hanya digemari anak-anak, orang dewasa pun banyak yang memainkan permainan ini.

Kini Roblox mempunyai 150 pengguna aktif di berbagai belahan dunia. Permainan roblox menyediakan banyak game gratis, sehingga pengguna bisa bermain sesuka mereka.

Manfaat Game Roblox untuk Anak

1. Membantu Anak Belajar Programming dan Coding

Banyak orang tua tidak menyadari bahwa Roblox dapat menjadi media yang bagus untuk mengajarkan keterampilan pemrograman dan coding untuk anak-anak. Tidak seperti game lain, Roblox dirancang dengan mempertimbangkan aspek coding, dibangun dari dasar dengan menggunakan bahasa coding sederhana bernama Lua.

Bahasa inilah yang hadir dalam studio Roblox, area tempat anak-anak diajak untuk mendesain dan membuat permainan, lingkungan, dan objek mereka sendiri. Meskipun ini terdengar agak rumit dari segi desain, pada dasarnya tidak sesulit pemrograman lain.

Di Roblox Studio, pemula dapat memilih untuk menggunakan berbagai menu visual untuk menempatkan karakter dan objek lain di layar. Dalam banyak kasus, anak-anak cukup senang berada dalam tahap ini karena i…

2. Meningkatkan Kreativitas Anak

Permainan Roblox secara umum merupakan platform tempat anak-anak bisa membuat game untuk bersenang-senang. Tidak seperti game lain yang ditujukan untuk anak-anak, Roblox tidak punya cerita atau narasi linier. Sebaliknya, game ini berfokus memungkinkan anak-anak menciptakan pengalaman mereka sendiri.

3. Meningkatkan Keterampilan Komputasi

Dapat mengajarkan keterampilan komputasi yang penting pada anak. Anak bisa memperoleh keterampilan seperti navigasi menu serta kepercayaan diri dalam menggunakan perangkat lunak berbasis web. Ketika anak main bareng (mabar) dengan teman-temannya, maka Ia secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kecepatan mengetik dan keterampilan dalam komunikasi online.

4.  Memperluas Lingkup Pertemanan

Sama dengan game online lainnya, roblox mempunyai sistem pertemanan yang memungkinkan pengguna berteman dengan orang yang mungkin belum pernah Ia kenal sebelumnya. Hal ini memang sedikit mengkhawatirkan, namun ketika anak main bersama teman-temannya, Ia dapat berteman dengan orang asing yang sudah terbukti tidak berbahaya untuknya. Temannya pun dapat memperkenalkan anak Anda pada teman online lain yang baik dan menyenangkan. Dengan begitu, lingkup pertemanan anak bisa semakin luas dengan risiko yang lebih rendah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar