.
Jumat, 19 Jul 2024
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 1 Petarukan. Nestar : Serasi Beriman (Semangat Raih Prestasi, Berintegritas, Maju dan Inovatif)

PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENUMBUHKAN MINAT SISWA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS

Diterbitkan : - Kategori : TERKINI

Oleh : Noval Mudijanto, S.Pd

SMKN 1 PETARUKAN

Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang selalu dianggap sulit untuk sebagian besar siswa. Mereka beranggapan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa asing. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi para guru Bahasa Inggris dalam menyampaikan materi pelajaran didalam kelas. Mereka butuh usaha lebih nyata untuk membuat pembelajaran Bahasa Inggris menjadi menarik sehingga siswa akan menjadi lebih familiar dan semangat mempelajarinya. Guru dituntut  untuk lebih kreatif dan inovatif menggunakan media dan metode pembelajaran yang lebih memahami kemauan siswa. Sebagai pemeran utama dalam proses kegiatan belajar mengajar, seorang guru akan menjadi tiang utama dalam berhasil atau tidaknya proses transfer ilmu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, guru dapat  menggunakan model pembelajaran Genre Based Approach ( GBA ). Metode ini dikembangkan pertama kali di Australia oleh kaum Linguistik Sistemik Fungsional (SFL) dari Halliday.  Dalam aplikasinya Genre Based Approach difokuskan pada teks berbentuk tulisan, lisan, audio, visual, maupun multimodal.  Sesuai dengan Halliday dan Mathiesen (2014: 3). Pembelajaran berbasis GBA memfasilitasi siswa terbimbing dari tahapan untuk menganalisis aspek pengetahuan dan keterampilan. GBA digunakan untuk mengajar reading siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Dengan menggunakan GBA dan media audio visual, seperti menonton video yang diputar oleh guru, siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi siswa mencari informasi materi tersebut baik melalui youtube ataupun buku teks pendukung lainnya. Manfaat dari model Genre Based Approach adalah kebersamaan dalam kelompok. Siswa berani mengemukakan pendapat, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, meningkatkan ketrampilan komunikasi dan meningkatkan pola pikir kritis. Dalam proses pembelajaran, peserta didik begitu antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir

Manfaat yang dirasakan oleh guru pada saat pembelajaran  materi Descriptive Text dengan menggunakan metode Genre Based Approach yaitu membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Siswa lebih berani mengungkapkan pendapat berupa ucapan lisan tentang kalimat-kalimat descriptive singkat dengan baik dan benar melalui tahap Joint Construction of the Text dan Independent Construction of the Text. Hal ini berbanding terbalik dari kegiatan pembelajaran sebelumnya ketika menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Selain itu, metode GBA juga sangat membantu siswa untuk mempelajari bagaimana mentransfer pengetahuan mereka kedalam masalah dunia nyata, dapat mengembangkan ketrampilan berpikir kritis setiap siswa serta kemampuan mereka untuk belajar dengan situasi yang baru. Siswa menjadi lebih terarah untuk menemukan sendiri informasi yang berkaitan dengan materi Descriptive Text baik melalui youtube maupun buku teks pendukung lainnya. Siswa menjadi lebih aktif dan berani menyampaikan pendapat, berbicara didepan kelas baik secara individu atau pun kelompok untuk mengungkapkan pendapatnya berupa kalimat sederhana dalam Descriptive Text.

Untuk itu, pembelajaran inovatif dengan menggunakan metode GBA dapat dijadikan cara untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa inggris. Semoga kita selalu menjadi guru yang bisa membuat siswa tertarik dan lebih bersemangat dalam belajar.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar